8 tips membeli kursi tamu kayu jati dan cara merawatnya – Tamu merupakan satu atau sekelompok orang yang harus kita hormati saat mereka berkunjung ke rumah kita. Selain memiliki niat baik berupa memperpanjang tali silaturahmi, juga seringkali mendatangkan pintu rezeki baru untuk kita semua.

Bahkan saking pentingnya menerima dan menghormati tamu, ada etika dan ilmunya tersendiri, mulai dari penyambutan, penjamuan, hingga penataan kondisi ruangan.

Khusus untuk kondisi ruang tamu, sebisa mungkin harus menempatkan beberapa furniture penting seperti kursi, meja, majalah bacaan, dan jam dinding.

Keempat material ini sangatlah penting dan menjadi hal utama yang harus kita dahulukan. Misalnya, majalah bacaan kita sediakan agar tamu tidak bosan saat kita mempersiapkan minuman dan camilan, jam dinding agar mereka tahu mengenai waktu, serta kursi dan meja yang cocok untuk aktivitas duduk dan menjamu.

Kursi tamu dan meja yang nyaman juga bisa memperlancar obrolan dan urusan. Sehingga bisa memberikan kesan yang begitu baik di sepanjang urusan kita.

Maka dari itulah, furniture Jepara selalu siap sedia menyediakan meja dan kursi tamu yang nyaman, kuat, dan memiliki aroma kayu jati yang khas.

Sebagai bonusnya, kursi tamu selalu memiliki ukiran indah yang senantiasa memberikan nuansa khas Indonesia, tepat sesaat setelah tamu memasuki ruangan yang kita persiapkan.

Jika di awal saja sudah memberikan suasana yang enak, maka diharapkan semuanya bisa berjalan lancar. Ini penting sekali pada saat kita ingin menjamu tamu penting, seperti bos, pejabat, atau bahkan Presiden.

3 Hal Keren Pada Kursi Tamu Jepara

Sebagian besar kursi tamu berasal dari furniture Jepara memiliki bahan dasar kayu jati. Itu Karena kekuatan dan fungsinya tersebut pulalah, kayu jati sangatlah lazim sekaligus elegan saat menjadi bahan baku untuk pembuatan berbagai macam perabotan rumah.

Terlebih lagi, pengundulan hutan jati sudah di kontrol secara ketat sehingga furniture Jepara merupakan bisnis legal yang tidak merugikan lingkungan.

Penggundulan tersebut sendiri merupakan bukti nyata bahwa kayu jati memang begitu sangat banyak peminatnya.

Nah, jika kamu memilih kursi tamu yang terbuat dari kayu jati dan berasal dari furniture Jepara, tentunya ada 3 hal keren yang tengah menanti!

1. Kekuatannya tak Diragukan

Pohon jati termasuk ke dalam jenis kayu yang keras, sehingga cenderung kuat dan tahan lama, sekaligus mampu menahan cuaca panas dan dingin yang ekstrem.

Bahkan jika kamu menggunakannya secara normal dan kita simpan di dalam ruangan dengan suhu konstan antara 16 hingga 24 derajat celcius. Maka kemungkinan besar kursi tamu tersebut bisa bertahan hingga seumur hidup.

Daya tahan dari bahan dasarnya tersebut akan membuat kursi tamu kita tidak mengalami pembusukan atau serangan dari binatang kecil.

Jenis kayu jati yang terbaik memiliki minyak dan getah dalam jumlah tinggi, Sehingga dapat menghasilkan perabotan yang begitu indah sekaligus memiliki kekuatan dan nilai jual tinggi.

Kebetulan, furniture Jepara selalu membuat propertinya dengan kayu jati pilihan terbaik dan tak ngasal. Jadi tak heran jika harganya pun cenderung tinggi, agar setiap konsumen yang membelinya tidak kecewa dengan hasil yang mereka dapatkan.

2. Cantik Luar Dalam

Warna dan serat kayu jati menjadikannya salah satu yang paling menarik bagi para pemilik furniture Jepara, yang mana biasanya memiliki warna kayu yang jauh lebih gelap.

Sementara furniture yang posisinya di luar ruangan dapat menjadi elemen yang begitu elegan dengan warna abu-abu perak yang furniture itu miliki.

Untuk mempertahankan warna alaminya, pastikan kamu rajin memberinya minyak jati secara teratur. Ukiran dan warna yang berhasil dijaga akan menjadi sebuah kecantikan dengan nilai seni tiada tara.

kursi sofa ruang tamu

Dari sekilas saja, kursi tamu yang menggunakan kayu biasa dan kayu jati sudah terlihat berbeda. Saat kita sentuh pun furniture Jepara cenderung terasa lebih lembut dan nyaman saat kita duduki.

Seperti yang sudah tertulis di atas bahwa salah satu etika menerima tamu adalah dengan membuat mereka merasa nyaman di rumah kita, agar segala urusan bisa selesai seperti yang kita harapkan.

Salah satu cara efektinya adalah dengan memilih kursi tamu yang terbuat dari kayu jati. Apalagi diproduksi oleh furniture Jepara karena melibatkan tangan-tangan ahli dan seniman berkelas internasional.

3. Kemampuan Beradaptasi

Manfaat alami dari kayu jati yang paling mendasar meliputi 4 unsur, yaitu kekuatan, daya tahan, warna hangat, dan mampu beradaptasi di berbagai macam lingkungan yang berbeda.

Sifatnya yang tahan air dan kecenderungannya untuk tidak mudah patah telah menjadikannya bahan dasar favorit bagi para pembuat kapal laut dan perahu selama ratusan tahun. Kemudian furniture menyusul setelahnya.

Mulai dari meja makan dan kursi tamu, hingga bangku taman, kayu jati mampu bertahan lebih lama dari pada dengan jenis kayu biasa.

Alhasil, kayu jati yang bersifat fleksibel tersebut di masa sekarang banyak pembuat furniture mencarinya , termasuk para pengrajin dan seniman yang berasal dari kota Bumi Pertiwi.

Berkat bahan berkualitas tinggi dan tangan terampil para pembuatnya, furniture Jepara kini sudah berhasil menembus pasaran internasional. Jadi jika saat ini kamu sudah memiliki kursi tamu yang berasal dari furniture Jepara, itu berarti isi rumah kamu sudah memiliki keindahan bertaraf dunia.

kursi tamu minimalis jati

Tips Sebelum Membeli Kursi Tamu

Atau jika misalnya saat ini kamu tengah mencoba untuk membeli kursi tamu yang berkualitas baik, memiliki daya tahan tinggi, serta nyaman saat kita gunakan. Maka kursi tamu yang bisa kamu beli harus terbuat dari kayu jati.

Akan lebih baik lagi jika didesain dan dibuat dengan tangan terampil dari furniture Jepara. Soalnya, lebih dari 80% pembuatan kursi tamu tersebut bisa kita lakukan dengan tangan secara manual.

Alhasil, furniture yang kita dapatkan masih memiliki autentik yang terjamin karena menggunakan tekhnik zaman dulu yang terwariskan secara turun menurun.

Perlu kita ketahui pula bahwa penggunaan kayu jati di Indonesia sudah menjadi bahan baku semenjak zaman kerajaan kuno. Kala itu sedang trennya seni ukiran yang terbuat dari kayu, yang kemudian teraplikasikan ke dalam sebuah perabotan kerajaan.

Uniknya, seni budaya tersebut masih berlanjut hingga masa kini, sehingga membuat furniture Jepara menjadi karya seni dengan nilai guna yang tinggi.

Jika misalnya kamu ingin membeli kursi tamu yang terbuat dari kayu jati di tempat lain (dan bukan di furniture Jepara), pastikan memiliki standar yang sama! Beberapa tips sebelum membelinya harus memastikan faktor-faktor sebagai berikut:

Kepadatan dan Kekerasan

Keras saja tidak cukup, tetapi kamu pun mesti melihat tingkat kepadatan dari bangku tamu jati yang ingin kamu beli tersebut.

Semakin keras dan tebal, maka tingkat kekuatannya akan semakin terpercaya. Dengan begitu, sudah dapat kita pastikan bahwa furniture kamu bisa bertahan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Furniture Jepara sendiri selalu memikirkan 2 faktor tersebut sebagai salah satu syarat sebelum kita olah ke dalam bentuk kursi tamu utuh, kemudian baru bisa kita jual ke pasaran.

Jadi tak heran jika barang-barang yang berasal dari Bumi Pertiwi sangatlah terkenal dan bisa menjadi andalan untuk penggunaan, karya seni, hingga investasi.

Disebut sebagai aset investasi karena semakin tua sebuah furniture Jepara yang dimiliki. Maka harganya akan semakin mahal – umur tua tersebut pastinya tentukan oleh kekuatan kursi tamu ia bawa.

Karakteristik

Serat kayu jati biasanya akan terlihat bergambar lurus. Tapi pada beberapa situasi tertentu, bisa saja bergelombang atau saling bertautan. Tidak ada yang salah dengan semua corak tersebut!

Bahkan tekstur alami tersebut menjadi salah satu karakteristik yang tak akan mampu ditiru oleh jenis kayu manapun.

Properti kayu jati yang kita tempatkan di luar ruangan pada awalnya memiliki warna cokelat keemasan atau sedang. Namun dengan seiring berjalannya waktu, warna kayu tersebut akan berubah menjadi gelap.

Apalagi jika kamu rajin merawatnya dengan menggunakan minyak jati, maka kilau warnanya akan terus bertahan dan enak saat dipandang oleh mata kita.

Standar Emas

Kayu jati sudah kita anggap sebagai kayu “berstandar emas” berkat ketahanannya terhadap pembusukan (layaknya komoditas emas yang bebas dari karat).

Berbeda dengan kayu-kayu pohon kebanyakan yang kehilangan minyaknya. Namun kayu jati malah mampu mempertahankan minyak dan getahnya bahkan setelah kita tebang dan juga kita proses.

Nah, minyak dan getahnya tersebutlah yang membuat kursi tamu kamu memiliki efek anti-busuk. Rayap dan serangga-serangga kecil pun tak akan mampu menembusnya.

Mencarinya di tempat lain mungkin agak sulit memenuhi standar tersebut. Namun lain lagi dengan furniture Jepara, keempat poin di atas sudah tertanam semenjak dulu sehingga bisa tembus ke pasaran internasional.

Jika orang luar saja sudah mengakui, kenapa kita tidak?

kursi tamu jati murah

Alasan Kenapa Harus Kursi Tamu Jepara

Mungkin kalian banyak yang masih bingung dengan fakta yang beredar luas di lapangan, yang menyebutkan bahwa furniture Jepara begitu laris di pasaran.

Sebenarnya, proses keberhasilan tersebut tidak terjadi dalam waktu singkat, dan tidak menggunakan buzzer bayaran yang memberikan review palsu pada sebuah produk.

Akan tetapi, furniture Jepara cenderung lebih mementingkan kualitas daripada kuantitas. Sehingga, satu kursi tamu yang diciptakan setara dengan 1000 kursi biasa yang dibuat dengan menggunakan tekhnik biasa.

Seperti yang kita tahu, kayu jati memiliki tingkat kekerasan yang tinggi serta masih membawa minyak di dalam serat-serat kayunya tersebut. Sehingga membuatnya sangat sulit untuk dipotong, digabungkan, dan diukir. Hanya pengrajin profesional dengan pengalaman mumpuni sajalah yang mampu melakukannya.

Untuk alasan ini pulalah, furniture Jepara begitu banyak para pecinta produk interior sekaligus barang antik mengincarnya.

Tak berhenti sampai di sana, kamu pun bisa mendapatkan beberapa aspek penting sebagai bonusnya, dan berikut adalah alasan kuat kenapa kamu harus memiliki kursi tamu dari furniture Jepara yang terbuat dari kayu jati.

Daya Tahan

Seperti yang sudah berkali-kali tertulis di atas bahwa kayu jati sebagai salah satu kayu berstandar emas, karena ketahanannya terhadap pembusukan.

Kandungan silikanya yang tinggi dengan retensi minyak luar biasa yang dimilikinya mampu melindungi ketahanan kayu dari penggunaan sehari-hari secara masif.

Bukti bahkan telah memperlihatkan bahwa furniture yang terbuat dari kayu jati cenderung mampu bertahan hingga berabad-abad lamanya sekalipun hanya kita lakukan sedikit perawatan.

Bobot Berat

Meskipun keras dan memiliki daya tahan tinggi, uniknya furniture Jepara yang terbuat dari kayu jati sangatlah mudah saat kita angkat. Faktanya, kayu jati menjadi salah satu kayu yang paling ringan yang bisa kita temukan di bumi kita tercinta ini.

Untuk itulah, kayu jati menjadi salah satu bahan dasar paling mumpuni untuk pembuatan barang interior karena bisa dengan mudah kita pindahkan, serta awet saat kita gunakan sepanjang waktu.

Salah satu perawatan untuk furniture outdoor adalah dengan sesekali membawanya ke dalam ruangan. Karena kayu jati memiliki bobot ringan, maka aktivitas tersebut cenderung sangat mudah untuk kita lakukan dan tidak membuat pinggang kamu sakit saat mengangkatnya.

Kelebihan ini pulalah yang menjadi salah satu karakteristik terbaik yang dimiliki oleh kursi tamu yang terbuat dari kayu jati.

Tekstur

Entah itu pelaut (dulu jati merupakan bahan dasar kapal dan perahu), pengrajin furniture, ataupun kita sebagai penggunanya. Pastinya memiliki satu kesan yang sama, yaitu “kayu jati memiliki tekstur yang begitu khas”.

Bagi para nelayan dan pelaut, sifat anti air dari kayu jati sangatlah menguntungkan mereka. Belum lagi permukaannya yang tidak licin, sehingga menjaga agar mereka tidak terjatuh dan terkena cedera selama berada di atas dek.

Sementara bagi para pembuat dan pembeli furniture, tekstur anti licin dan anti air tersebut bisa melindungi cangkir, piring, peralatan makan, dan dekorasi lainnya agar tidak mudah tergeser dan terjatuh.

Warna

Warna dari kayu jati menciptakan suasana hangat dan fresh saat kita melakukan aktivitas apapun di atas meja dan kursi tamu.

Seiring dengan bertambahnya usia, kayu jati akan semakin menggelap dan memberikan tampilan lapuk. Akan tetapi, bukan nuansa jelek yang tercipta, malahan bisa memberikan suasana hangat dan elegan bagi siapa saja yang melihatnya.

Perubahan warna ini juga bisa menjadi penilaian bagi para pecinta barang antik untuk menawarkan sebuah harga. Sehingga furniture Jepara dan kursi tamu yang terbuat dari kayu jati pun sebenarnya merupakan aset dengan nilai investasi yang menjanjikan – selama kamu mampu menjaganya.

Baca Juga Artikel : 11 Manfaat Kursi Tamu Minimalis Terhadap Diri Kita

harga kursi jati minimalis

Cara Merawat Kursi Tamu Kayu Jati

Sekuat apapun kursi tamu yang kamu miliki, tetapi jika penggunaan dan perawatannya tidak layak, maka akan tetap cepat rusak.

Sama halnya seperti aset-aset pada umumnya, maka kita harus tetap menjaganya dengan baik agar nilai jualnya tidak jatuh.

Khusus bagi furniture Jepara yang terbuat dari kayu jati, maka ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, dan berikut adalah poinnya.

  1. Bersihkan Secara Teratur. Cobalah lakukan pembersihan secara rutin, setidaknya setiap 3 atau 4 kali dalam sebulan. Cara membersihkannya cukup sederhana, yaitu dengan menggunakan sikat kecil untuk membersihkan debu-debu di sela-sela kursi tamu. Perawatan ini sangatlah berguna demi mencegah tumbuhnya jamur yang mengganggu.
  2. Gunakan Cairan Pembersih Khusus. Jangan gunakan sabun atau deterjen biasa, karena malah bisa merusak keindahan warna alaminya. Gunakan sabun khusus seperti Pledge, Bona, Orange Oil, Lemon Oil, dan sebagainya.
  3. Pindahkan Dengan Hati-Hati. Meskipun tahan benturan, tapi alangkah lebih bagusnya jika kita tidak menyeret atau menarik furniture Jepara tersebut. Toh, kursi tamu yang terbuat dari kayu jati cenderung ringan kok!.
  4. Tempatkan di Tempat Kering dan Suhu Normal. Paparan suhu panas dari sinar matahari secara terus menerus dapat membuat kayu menjadi kering dan menyusut, sehingga beresiko terkena retakan. Sekalipun tahan terhadap suhu dan cuaca, tapi masa pakainya akan semakin lama jika kita mampu menjaganya dari air hujan dan sinar matahari yang merusak.
  5. Bersihkan Dengan Sisa Air Teh. Selain bisa kita minum dan konsumsi, air teh juga ternyata memiliki banyak kegunaan. Salah satunya adalah tetap menjaga warna dan kilau alami dari kursi tamu milik kita. Celupkan kain lembut ke dalam seduhan teh, peras, lalu usapkan pada kursi jati hingga bersih. Biarkan hingga kering.

Jika kita mampu merawat dan menjaganya, maka kursi tamu yang terbuat dari kayu jati bahkan bisa bertahan berabad-abad lamanya. Mungkin saja bisa kita wariskan secara turun-temurun sebagai salah satu aset dan harta keluarga yang bernilai tinggi.

kursi kayu minimalis, kursi jati, kursi jati minimalis, kursi tamu kayu minimalis, kursi ruang tamu minimalis, kursi minimalis kayu, kursi tamu jati, kursi kayu minimalis ruang tamu, kursi tamu kayu, kursi sofa ruang tamu, kursi tamu kayu jati mewah, harga kursi kayu jati, kursi tamu kayu jati, harga kursi kayu ruang tamu, kursi tamu minimalis jati, kursi tamu mewah modern, kursi tamu murah, kursi minimalis jati, harga kursi kayu minimalis, bangku ruang tamu, kursi tamu harga 500rb, kursi kayu unik ruang tamu, harga kursi jati minimalis, kursi informa minimalis, kursi sofa kayu minimalis, kursi modern minimalis, kursi untuk rumah minimalis, kursi tamu modern