Kursi Jati Jepara Minimalis Terbaru. Siapapun yang tengah memilah dan memilih kursi tamu di toko mebel, pasti pernah kita jumpain jenis yang berbahan dasar jati. Karena selain terlihat indah dengan aroma kayunya yang khas, kursi jati merupakan salah satu produk kebanggaan dari negara kita.

Sekalipun banyak orang menilai bahwa kursi berbahan dasar pohon jati merupakan jenis yang paling mahal, akan tetapi masih banyak para pecinta mebel dan interior memburunya. Terlepas dari jenis dan tipe rumah yang mereka tinggali.

Ini berkat kekuatan kayu jati yang tak bisa kita abaikan begitu saja. Keanggunan sekaligus kekuatannya membuat kursi jati menjadi salah satu investasi jangka panjang. Karena kita tak perlu lagi membeli furniture dari waktu ke waktu.

Asyiknya, Indonesia merupakan salah satu penghasil kayu jati terbaik sehingga harganya tidak semahal setelah terjual di pasar mancanegara. Sejak sekitar abad ke-7, kursi jati bahkan telah banyak kegunaannya sebagai salah satu furniture terwajib yang ada di istana kerajaan, lalu menyusul hingga ke rumah-rumah orang kaya seperti bangsawan dan kaum ningrat.

Para penjajah Belanda kita dulu pun tertarik terhadap kayu jati sebagai bagian dari upeti. Para kolonial tersebut menggunakan kayu jati untuk bahan dasar kapal.

Ini karena kayu jati cenderung kuat terhadap cuaca panas, air, dan mampu menangkal pembusukan.

Nah, sekarang bayangkan bagaimana jika kursi yang berbahan dasar tersebut ada di rumah kita! Sudah dapat kita pastikan bila kita memiliki salah satu barang terbaik yang pernah kita elu-elukan semenjak zaman kerajaan dulu.

Kursi jati yang kita gunakan cenderung lebih awet dari berbagai macam benturan dan bisa lebih menghemat pengeluaran dalam jangka panjang.

kursi tamu jati minimalis modern

Kursi Jati Bernilai Seni Tinggi

Bahan dasar dari kursi jati cenderung kita temukan di hutan-hutan Asia Tenggara, termasuk Thailand, Burma, Malaysia, dan – tentu saja – Indonesia. Berbeda dengan negara kebanyakan, Indonesia menjadi satu-satunya negara yang sangat serius membudidayakan pohon Tectona Grandis sehingga kayu jati menjadi salah satu komoditas terbaik yang negara kita miliki.

Misalnya, Perusahaan PT. Perhutani saat ini mengelola perkebunan jati secara resmi di Pulau Jawa, dengan begitu akan terhindar dari deforestasi.

Terlebih lagi, penggunaan pohon Tectona Grandis sebagai bahan dasar dari kursi jati dengan menggunakan tekhnik reboisasi. Jadi, akan ada pengontrolan yang sangat ketat untuk penggunaan dari satu pohon dan batangnya saja.

Alhasil, kursi jati yang kita miliki tersebut kita gunakan dengan cara yang lebih ramah lingkungan dan tidak membuat hutan kita kesakitan. Malahan pohon yang memiliki usia hingga ratusan tahun ini pun menjadi memiliki nilai guna yang begitu tinggi.

Kursi jati merupakan furniture berseni tinggi berkat bahan dasarnya yang begitu artistik. Bagaimana tidak, dari satu pohon dewasa saja, maka kurang lebih sekitar 80 tahun untuk bisa kita panen. Kemudian kita tanami kembali dengan bibit pohon baru yang akan kita tebang dan kita proses oleh cucu cicit kita di 80 tahun berikutnya.

Itu artinya, kursi jati yang kita beli tersebut berbahan dasar semenjak zaman penjajahan Belanda, tepatnya minimal 80 tahun yang lalu. Makanya, kursi jati bisa kita sebut sebagai barang antik.

Semakin tua pohon jati, maka akan semakin memberikan nilai kekuatan yang begitu tinggi, sehingga tak akan cepat rusak. Di saat yang bersamaan pula, investasi kita terhadap kursi jati tidak menjadi sia-sia.

Kursi Jati Kuat dan Tahan Lama

Rata-rata pecinta interior dan furniture bahkan cenderung lebih menjagokan kursi yang terbuat dari kayu jati bila kita bandingkan dengan jenis yang berbahan dasar pinus atau ek (oak).

Ada satu alasan yang begitu klasik, yaitu karena pohon jati mengandung minyak alami dan getah yang dapat membuatnya menjadi tahan lama, anti air, dan bahkan hampir tahan api.

Kita bisa menemukan minyak dan getah tersebut tepat di dalam serat kayu jati yang begitu rapat. Alhasil, sekalipun pohonnya sudah ditebang dan diproses menjadi kursi jati. Namun kedua unsur tersebut (getah dan minyak) cenderung tidak akan menguap, dan malah tetap bertahan di sana.

Alhasil, kursi yang terbuat dari kayu jati akan lebih tahan terhadap cuaca daripada jenis kayu manapun. Ketika proses pengeringan sampai pada tingkat kelembapan yang tepat (sekitar 10% dari kandungan aslinya). Maka minyak dan getah tersebut pun akan tahan terhadap berbagai macam cuaca di luar ruangan.

Tak hanya itu saja, kursi jati pun mampu terhindar dari pembusukan dan pelapukan. Seperti yang kita tahu bahwa kedua faktor tersebut menjadi satu-satunya kelemahan pada furniture yang terbuat dari kayu. Namun itu tidak berlaku pada kayu jati.

Banyak sekali hal yang menjadi penyebabnya, mulai dari paparan air, cuaca panas, hingga serangan binatang kecil seperti rayap, semuanya menjadi musuh alami dari semua jenis kayu – kecuali jati.

Dengan begitu, furniture berbahan kayu selain jati cenderung sangat sulit untuk dirawat mengingat daya tahannya yang begitu rendah. Belum lagi tidak boleh terkena air dan deterjen secara sembarangan saat proses pembersihan tersebut kita lakukan.

Berbeda dengan kursi tamu jati yang bisa kita bersihkan menggunakan air, karena pohon jati memang anti air, bahkan tahan terhadap cairan asam sekalipun.

Perawatan yang ngasal saja bisa memberikan daya tahan hingga 30 tahun atau lebih. Apalagi jika kita rawat dengan baik, maka ada kemungkinan bahwa kursi jati yang kamu beli tersebut bisa bertahan hingga seumur hidup.

meja kursi kayu jati ruang tamu

Kursi Jati Termasuk Investasi Barang Antik

Dalam dunia ekonomi, harga seringkali dipengaruhi oleh supply dan demand, atau permintaan dan penawaran dari suatu produk bersangkutan.

Nah, ada satu kabar gembira buat kamu para pecinta kursi jati. Furniture ini merupakan barang antik yang tak akan goyah harganya berkat permintaannya yang tak pernah surut.

Jika kita lihat melalui analisa teknikal, kursi jati masih mampu bertahan semenjak abad ke-7 hingga sekarang, dengan permintaan pasar yang tak kunjung surut. Itu artinya, harganya masih akan terus merangkak naik hingga berpuluh atau beratus-ratus tahun dari sekarang.

Permintaan market akan kursi jati tentunya bukanlah isapan jempol belaka, dan bukan pula datang tanpa alasan yang jelas. Orang-orang cenderung membeli furniture ini karena nilai seninya yang tinggi, sekaligus daya tahannya yang sangat mumpuni.

Bahkan ada kursi kerajaan yang terbuat dari jati yang pernah dilelang dengan harga ratusan juta dollar, dan berhasil terjual di atas 10 milyar.

Kita pun tentunya boleh ikut berpartisipasi di sektor interior tersebut. Kita bisa membeli kursi jati untuk tujuan penggunaan sehari-hari sekaligus investasi di masa depan.

Jika kita rajin merawatnya, maka besar kemungkinan kursi tersebut masih tetap ada hingga kita memiliki cucu cicit, kemudian bisa kita wariskan sebagai salah satu harta kekayaan keluarga yang tak ternilai harganya.

Di dunia barang antik, maka semakin tua dari suatu benda (termasuk kursi jati), maka akan semakin mahal harganya.

Belum lagi bahan dasarnya sudah diatur dengan sangat ketat, sehingga akan ada batasan dalam pembuatan dan produksinya. Sementara permintaannya cenderung tidak kunjung surut, maka akan menyebabkan ketidakseimbangan antara permintaan dan penawaran. Alhasil, harga kursi jati pasti akan mengalami kenaikan dari waktu ke waktu.

Aturan tersebut tentunya menyebabkan aktivitas penebangan di hutan jati berkurang drastis. Langkah-langkah ini ditujukan demi melestarikan ekologi negara. Sebagai investor dan pecinta interior, kita harus memanfaatkan momen tersebut untuk membeli kursi jati sebagai bagian dari investasi kita di masa depan.

sofa kursi jati minimalis murah

Kayu Jati Bahan Dasar Terbaik untuk Kursi

Semua orang tentunya sudah tahu bahwa pohon jati mampu menghasilkan kayu yang sangat keras (paling keras di dunia sejauh ini), paling tahan lama, dan paling kuat. Sehingga menjadikannya bahan yang paling sempurna untuk penggunaan furniture baik luar maupuan dalam ruangan.

Sering digunakan sebagai pembuatan kapal dan perahu di abad pertengahan, kayu jati tentunya masih digunakan hingga sampai sekarang secara masif.

Bahkan kala itu kapal pesiar yang terbuat dari kayu jati termasuk ke dalam kendaraan kelas atas. Sementara di masa sekarang, kita bisa mendapatkan furniture berbahan dasar jati sebagai bagian dari penghias rumah kita yang elegan dan berseni tinggi.

Ada banyak alasan kenapa kayu jati menjadi bahan dasar terbaik untuk pembuatan kursi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Tahan Terhadap Cuaca Ekstrim. Sekalipun terkena sengatan matahari di kota-kota besar seperti Bekasi dan Jakarta, kursi jati cenderung tahan terhadap lengkungan, retakan, dan kerapuhan. Bahkan jika misalnya kamu bawa ke luar negeri yang memiliki 4 musim, kursi jati masih kuat terhadap cuaca ekstrim di musim panas dan musim dingin bersalju.
  • Tahan Hama dan Jamur. Resin dan minyak yang menjaga kursi jati dari berbagai macam cuaca, juga berfungsi sebagai penolak bala dari patogen kecil, termasuk rayap dan jamur.
  • Tak Bikin Repot. Kursi jati memang sudah kuat semenjak pertama kali tercipta, sehingga perawatannya cenderung tidak menyulitkan para pemilik. Cukup dengan kita lap menggunakan sisa air teh saja sudah cukup mempertahankan kemilau warnanya tersebut.
  • Bertahan Seumur Hidup. Seperti yang sudah tertera di atas bahwa kursi jati bisa saja menjadi furniture seumur hidup yang bisa kita wariskan secara turun-temurun. Di Inggris saja, ada sebuah bangku taman yang telah berusia lebih dari satu abad lamanya, dan kondisinya masih begitu baik sekalipun letaknya di luar ruangan.
  • Cantik dan Elegan. Saat pertama kali diproses, kayu jati memiliki warna coklat madu. Namun seiring dengan berjalannya waktu, maka warnanya akan menggelap secara alami. Tentunya terdapat tambahan sentuhan seni pahatan dari furniture Jepara, maka akan semakin menunjukkan kecantikan dan nampak lebih elegan dari furniture-furniture lainnya.

Furniture Jepara merupakan salah satu penjual kursi jati terbaik di Indonesia. Karena mampu menciptakan produk yang bertahan lama sekaligus mempertahankan sisi dan ciri khas Indonesia dengan karya seni yang tak bisa kita ungkapkan melalui kata-kata.

Seni tersebut berasal dari zaman kerajaan dan masih kita budidayakan hingga generasi Z seperti sekarang. Untuk alasan ini pulalah, kursi jati yang berasal dari furniture Jepara mampu tembus pasaran internasional.

kursi tamu jati minimalis terbaru

Cara Menjaga Kursi Jati Outdoor

Kursi jati memang sudah kuat semenjak lahir, tapi khusus untuk penggunaan outdoor. Maka ada beberapa cara khusus yang harus kita lakukan agar kecantikannya tidak pudar sekaligus mempertahankan nilai jualnya jika sewaktu-waktu kita ingin melepasnya.

Meskipun begitu, cara perawatannya cenderung masih tidak terlalu merepotkan, tidak menghabiskan banyak waktu serta biaya.

Perawatan ini semata-mata kita gunakan agar warna dari kursi jati kita tidak pudar, serta tahu bagaimana cara menyimpannya dengan baik dan benar.

Soalnya, sekuat-kuatnya kayu jati, tetapi jika kita perlakukan secara ngasal, juga akan membuatnya nampak kusam dan cepat rusak.

Maka dari itulah, kita lihat beberapa cara menjaga kursi jati kita agar tetap awet dan cantik, terutama jika ingin kita simpan di luar ruangan.

Gunakan Sealant Jati atau Minyak Jati

Ada dua jenis produk yang bisa kita gunakan sebagai bahan olesan terhadap kursi jati kita, yaitu minyak jati dan sealant jati.

Buat kamu yang belum tahu, sealant merupakan sejenis zat yang berguna untuk menghalau cairan yang masuk melalui permukaan atau sambungan.

Dari kedua bahan ini, masing-masing darinya membawa keuntungan dan kelemahannya masing-masing.

Misalnya untuk minyak jati, ketika kita aplikasikan ke atas kursi jati, maka akan memberikan kilau warna yang begitu menarik. Sayangnya, cenderung akan pudar setelah beberapa bulan sehingga kita wajib mengaplikasikannya secara berkala.

Sementara sealant jati hanya mampu mempertahankan warna alami kayu jati saja (tidak membuatnya kinclong). Namun mampu mendorong terbentuknya kelembapan secara alami pada kursi jati tersebut.

Dengan begitu, penggunaan sealant jati bisa kita pakai setahun sekali, dan menjadi pilihan terbaik jika ingin menghemat biaya.

Cara Menerapkan Minyak dan Sealant

Ingat, jangan digunakan keduanya secara bersamaan! Cukup pilih salah satunya saja.

Untuk penggunaan minyak jati, maka bisa dilakukan cara sebagai berikut:

  1. Bersihkan kursi jati dari debu dengan menggunakan kain lap kering.
  2. Oleskan minyak jati menggunakan kuas atau kain katun ke permukaan kursi jati secara merata.
  3. Biarkan minyak meresap hingga 15 menit.
  4. Bersihkan sisa-sisa minyak yang masih tersisa (yang tidak meresap) dengan menggunakan kain kering dan bersih.
  5. Hati-hati saat melakukannya! Jika gagal, maka akan meninggalkan permukaan furniture yang lengket.

Sementara untuk membersihkan kursi jati menggunakan Sealant jati, maka langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Cuci furniture jati secara menyeluruh dengan sikat berbulu lembut mengikuti seratnya.
  2. Biarkan kering terlebih dahulu di bawah sinar matahari selama 2 minggu.
  3. Semprot dengan sealant jati, lalu rekatkan dengan kayu menggunakan kain bebas serat.
  4. Jangan menggunakan sealant pada kursi jati yang baru! Namun gunakanlah pada furniture yang telah memiliki warna coklat gelap.

Sealant jati lebih digunakan untuk mempertahankan warna furniture. Karena kursi jati akan terlihat memiliki warna coklat madu saat pembelian, maka penggunaan sealant di awal-awal akan mencegah warnanya menjadi menua.

harga meja kursi makan jati murah

Cara menghilangkan Noda Pada Kursi Jati

Kayu jati memang mudah dibersihkan berkat sifatnya yang tahan terhadap air dan cairan asam. Namun, bukan berarti bebas dari resiko terkena noda yang menempel secara permanen.

Jika ada noda yang membandel, segera bersihkan dengan deterjen khusus furniture jati, atau gunakan sedikit sabun yang tak beraroma.

Segera lakukan pembersihan secepatnya sebelum noda tersebut menjadi semakin membandel dan permanen. Jika itu terjadi, maka nilai jual dari kursi jati akan turun drastis.

Sekalipun ada tekhnik yang masih bisa dilakukan seperti penghampelasan. Akan tetapi resikonya cenderung sangat tinggi karena bisa merusak bagian tertentu dari kursi jati yang kita sayangi. Kursi jati, kursi tamu jati, harga kursi jati minimalis, gambar kursi jati terbaru, harga kursi tamu jati minimalis modern, meja kursi jati minimalis, kursi jati minimalis modern, model kursi tamu jati minimalis, harga kursi jati terbaru, kursi jati murah.

Tag : kursi jati, harga kursi jati minimalis, gambar kursi jati terbaru, harga kursi tamu jati minimalis modern, meja kursi jati minimalis, kursi jati minimalis modern, model kursi tamu jati minimalis, harga kursi jati terbaru, kursi jati murah,