Tempat Tidur minimalis sendiri tercipta setelah kemunculan tipe rumah modern yang rapi dan imut, serta tak banyak menghabiskan tanah dan lahan. Minimalis sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat modern. Ini berkat coraknya yang begitu elegan tanpa harus memasukan segala macam unsur mahal ke dalamnya.

Seperti yang kita tahu bahwa perkembangan zaman membuat populasi dunia terus bertambah. Sementara sebagian besar orang lebih memilih untuk tinggal di pusat-pusat kota, maka lahan untuk pembuatan rumah pun semakin mahal dan terbatas.

Sehingga untuk mengakalinya, masyarakat yang sibuk di masa kini mulai beralih pada rumah minimalis. Pada saat yang bersamaan pula, muncul seni baru dalam dunia furniture dan desainer.

Namun, sebuah ruangan tidak akan menciptakan kesan minimalis jika hanya tertuju pada satu desain rumah atau furniture tertentu saja.

Misalnya, sebuah kamar tidur akan menciptakan kesan minimalis jika telah memasukan tiga elemen dasar di sana, yaitu tempat tidur, meja samping kasur, dan sumber cahaya. Sisanya, bisa kita atur dan mainkan sesuai dengan keadaan atau selera masing-masing pengguna.

Tak perlu repot-repot juga jika ingin membuat ruangan kita menjadi minimalis, karena tema modern jauh lebih mudah untuk diatur berkat sifat “kebebasan berekspresi” yang diusungnya.

Tapi usahakan dulu untuk mencari tempat tidur minimalis modern yang berkualitas, desain mantap, dan nyaman saat ditiduri.

tempat tidur minimalis kayu jati terbaru

Sebelum kita mulai melihat ruangan pribadi secara keseluruhan, maka kita analisa dulu beberapa jenis tempat tidur model minimalis yang bisa kamu pilih. Dengan begitu, nanti kondisi ruangan bisa kita sesuaikan sendiri dengan jenis kasur yang telah dimiliki.

Pada dasarnya, tempat tidur bergaya minimalis tidak banyak menyertakan aspek tambahan. Sesuai namanya, minimalis berarti hanya berupa hal-hal yang penting untuk digunakan saja.

Alhasil, jarang banget ada kasur minimalis yang menyertakan ornamen-ornamen pendukung layaknya tempat tidur mewah.

Jenis Tempat Tidur Minimalis

Untuk lebih jelasnya, mari kita tilik beberapa pilihan yang bisa kamu gunakan dan dapatkan dimulai dari hari ini juga.tempat tidur minimalis, tempat tidur minimalis terbaru, model tempat tidur minimalis, harga tempat tidur minimalis, tempat tidur minimalis modern, rangka tempat tidur minimalis, jual tempat tidur minimalis murah, model tempat tidur minimalis terbaru.

1. Super Simple

Sekalipun disebut terlalu sederhana, akan tetapi tidak menghilangkan unsur penting dari tempat tidur model minimalis tersebut, yaitu memiliki warna dasar seperti hitam, putih, abu-abu, dan lain sebagainya.

Untuk mendapatkan jenis yang satu ini, cukup dengan membeli ranjang atau bingkai dari kasur yang kamu inginkan, kemudian tambahkan matras berbalut seprai berwarna dasar tersebut.

Tambahkan pula satu buah bantal sebagai pelengkapnya. Cari juga selimut yang memiliki warna sama dengan sprai agar esensi minimalis dan sederhana bisa kamu dapatkan.

Sebagai gambaran, frame atau rangka tempat tidur tersebut bisa kamu dapatkan dari furniture Jepara. Karena selain nampak berseni, juga terbuat dari kayu jati yang super kuat dan tahan terhadap cuaca.

Untuk ketinggiannya sendiri, maka pastikan lebih rendah dari tempat tidur kebanyakan. Semakin rendah makan akan semakin baik, sehingga bisa memunculkan sebuah kesederhanaan yang memikat.

Meskipun begitu, pemilihan warna dan desainnya masih menjunjung unsur elegan sehingga semuanya akan nampak cocok saat digabungkan.

Tempat tidur minimalis yang super simple ini bisa sangat cocok disimpan di ruangan yang tak terlalu besar. Tambahkan pula pemanis berupa kursi santai yang memiliki bantalan dengan warna serupa dengan seprai, misalnya warna hitam.

Dengan begitu, sudah dapat dipastikan bahwa ruangan kamu akan nampak jauh lebih indah tanpa berlebih-lebihan.

2. Ranjang Daybed

Terdiri dari dua kosakata yang digabungkan menjadi satu, yaitu day dan bed, yang berarti kasur yang dapat dipakai di siang hari.

Sebagian besar orang sibuk pastinya merasa aneh jika harus bersantai di atas kasur seharian sekalipun itu hari libur. Nah, demi menghilangkan perasaan aneh tersebut, maka tempat tidur minimalis daybed ini kemudian diciptakan.

Daybed bisa dibilang sebagai furniture yang serbaguna karena merupakan kombinasi dari tempat tidur dan sofa. Tentunya ini jauh lebih elegan daripada futon (kasur jepang) maupun sofa bed.

Tempat tidur model minimalis ini sangat cocok digunakan untuk bersantai di siang hari, dan tidur di malam hari. Daybed ini juga bisa menjadi salah satu solusi terbaik untuk ruangan kecil.

Tapi bedakan dengan sofa bed atau sofa sleeper, sebab daybed cenderung lebih sering ditempatkan dan digunakan sebagai ruang tidur kita, sementara sofa bed bisa kita aplikasikan di ruang tamu.

Tempat tidur minimalis yang satu ini sebenarnya terdiri dari rangka tiga sisi, dengan dua sisinya yang berfungsi sebagai sandaran kepala dan alas kaki, dan sisi ketiga yang berfungsi sebagai sandaran sofa.

Daybed terdiri dari bingkai kayu atau logam solid dengan kasur berlapis kain yang halus. Namun lebih disarankan untuk memilih jenis yang berbahan dasar kayu jati karena cenderung bebas dari hama dan juga karatan.

3. Tempat Tidur Tanpa Frame

Bahkan minimalis bisa saja menyertakan tempat tidur yang tanpa frame, kerangka, ataupun ranjang. Selama lantainya rajin kamu bersihkan dan terasa hangat, maka bisa dilakukan dengan mudah.

Jika bisa, pastikan kamu melapisinya dengan karpet empuk agar terhindar dari dinginnya malam menusuk kulit. Tidur di kasur polos yang hanya beralaskan keramik saja bisa mengundang penyakit yang tidak kita inginkan.

Pada dasarnya, bingkai tempat tidur atau ranjang seringkali diperlukan demi membuat kita berasa nyaman dan aman saat tidur di malam hari.

Hanya saja, terkadang memakan banyak tempat di ruangan tertentu, maka orang cenderung lebih memilih untuk tidak menggunakannya.

Belum lagi jika frame tersebut kurang begitu sedap dipandang dan jauh dari kata minimalis, maka akan merusak suasana ruangan pribadi kamu tersebut.

Untuk itulah, tidur menggunakan kasur yang tanpa ranjang bisa menjadi pilihan dan alternatif terbaik lainnya jika ingin menciptakan suasana santai, sederhana, dan minimalis.

Namun buat kamu yang merasa takut terhadap alergen, serangga, dan jamur yang bisa saja tumbuh di lantai, maka akan lebih baik untuk tetap menggunakan ranjang. Tidur tanpa menggunakan frame memiliki resiko tersendiri.

Jika bingung untuk memilihnya, maka bisa mencarinya di furniture Jepara. Karena selain menjual furniture antik dengan ukiran seninya yang bernilai tinggi, kini kita juga bisa menemukan jenis minimalis yang dijual dengan harga murah.

tempat tidur minimalis kayu jati

Fitur Tempat Tidur Minimalis Modern Terbaru

Setelah memilih jenis tempat tidur yang cocok dengan selera kita, maka saatnya kita mulai mendesain kamar tidur minimalis impian, agar tempat tidur nampak lebih serasi dengan lingkungannya tersebut.

Beberapa tips di bawah ini tidak akan menyertakan ide-ide, akan tetapi lebih ke dasar cara pembuatannya saja. Ini karena ada beberapa aturan tak tertulis yang harus kita ikuti.

Jika ada unsur atau elemen yang hilang, maka tempat tidur minimalis pun akan kesulitan mengimbangi beberapa furniture pendukung yang sudah tersemat di kamar kamu saat ini.

Adapun beberapa tips dan langkahnya adalah sebagai berikut:

1. Buang Barang yang tak Diperlukan

Kesederhanaan haruslah tetap terpancar pada ruang kamar minimalis, jika tidak maka akan membuat ukuran yang kecil nampak lebih sesak.

Semua barang-barang yang ada di kamar haruslah memiliki nilai guna yang tinggi, sebagai objek yang bersandingan dengan tempat tidur minimalis kita.

Kecuali barang-barang yang bisa digantung di dinding atau potret penting yang bisa ditempatkan di atas meja, maka semuanya harus kamu singkirkan atau pindahkan penempatannya ke kamar lain.

Misalnya jika kamu jarang atau bahkan tidak pernah menonton TV, maka tendang ke ruangan tengah. Kemudian ganti dengan meja kecil yang memiliki nilai guna lebih tinggi, terutama jika kamu adalah seseorang yang memiliki aktivitas work from home.

Sebaliknya, tetap simpan barang-barang yang menurut kamu diperlukan demi mendukung kesibukan kamu sehari-hari. Ini bisa berupa jam weker, laptop, buku-buku, kursi dan meja kecil, lemari, dan sebagainya.

Kesederhanaan dinilai bukan berarti kita harus menyingkirkan segala macam yang ada di kamar kita, melainkan tetap menggunakan hal-hal yang kita perlukan saja.

Intinya, hindari sifat berlebihan jika ingin membuat kamar kamu nampak minimalis dan harmonis. Ingat, kondisi kamar kita sebenarnya menggambarkan sifat kita yang terdalam. Jika ingin memiliki kamar minimalis, maka kebiasaan berlebihan tersebut haruslah diubah.

2. Minimalis Bukan Berarti Kosong Melompong

Jika hanya menyertakan tempat tidur minimalis saja, maka ruangan kamu akan nampak kosong, kesepian, dan dingin.

Sekali lagi disebutkan bahwa minimalisme merupakan seni dalam mengatur tata letak, memilih barang penting, dan mencocokkannya dengan furniture utama kita, yaitu tempat tidur.

Esensi ini harus tercipta demi menciptakan lingkungan yang sederhana tetapi masih sangat nyaman dan menarik untuk dilihat dan ditinggali.

Itu artinya, kamar minimalis tak boleh menghilangkan unsur kehangatan dan kenyamanan dalam ruangan tersebut. Kehangatan itu bisa tercipta dari beberapa furnitur pendukung dari tempat tidur yang telah kita siapkan.

Jenis yang paling memberikan dampak besar adalah kursi, meja, dan lemari, serta pencahayaan yang mendukung dan serasi.

3. Gunakan Tempat Tidur Dengan Warna Netral

Seperti misalnya warna hitam yang sudah dijelaskan di atas. Namun ada pula pilihan warna lainnya yang bisa kamu gunakan, termasuk krem, putih krem, abu-abu pucat, dan lain sebagainya.

Warna-warna ini memang nampak monoton, tetapi setelah diaplikasikan maka akan menyatu dengan sempurna bersama furniture-furniture lainnya, terutama dengan cat dinding. Bahkan jika menggunakan wallpaper dinding, warna netral ini cenderung mampu mengadaptasikan dirinya sendiri secara cepat.

Dengan menggunakan tempat tidur minimalis berwarna netral ini jugalah, kita bisa dengan bebas memilih warna furniture pendukung tambahan seperti kursi.

4. Terlalu Beresiko? Gunakan Warna Netral Seluruhnya

Asalkan kasurnya sudah memiliki warna netral, maka kita bisa menggunakan warna-warni yang indah untuk furniture pendukungnya.

Namun akan lebih bagus jika semuanya memiliki warna yang juga netral dan sederhana, sehingga jatuhnya akan nampak lebih serasi dan tak berlebihan.

Sebut saja kursi dengan batanlannya yang berwarna hitam, lemari dan meja yang masih memiliki warna kayu jati alami, cat dinding berwarna putih atau krem, wallpaper dengan desainnya yang simple, dan lain sebagainya.

Pilihan ini bisa digunakan buat kamu yang tak pandai dalam memainkan warna antara satu furniture pendukung dengan interior lainnya. Bentrokan warna akan merusak estetika dari ruang minimalis yang telah kamu bangun, sehingga kesannya akan nampak norak.

5. Masukkan Cahaya Alami

Pencahayaan begitu sangat penting untuk mendukung kamar kita menjadi nampak minimalis. Bisa dibilang pencahayaan tersebut merupakan salah satu aksesoris terwajib yang harus kamu dapatkan.

Untuk mendapatkan aksen dan seni tersendiri, selalu bersihkan kaca jendela kamu dan hiasi dengan tirai tipis. Warna dari tiranya tersebut pun harus kamu cocokkan dengan tempat tidur minimalis yang sudah terpasang di sana.

Dengan pencahayaan alami dari luar, maka akan membantu ruangan menjadi terasa lebih terbuka, modern, dan secara keseluruhan nampak minimalis.

Tempat tidur kamu pun akan jauh lebih nampak indah pada saat sedang tak digunakan.

6. Gantung Setidaknya Satu Karya Seni yang Kamu Sukai

Entah itu buatan tangan sendiri atau hasil beli dari ahlinya, karya seni dapat membangkitkan perasaan positif di kamar minimalis tersebut.

Karya seni tersebut bisa berupa lukisan atau hasil jepretan kamu sendiri menggunakan tekhnik berfoto.

Karya seni selalu dibutuhkan di hampir setiap unsur. Bahkan pembuatan tempat tidur minimalis pun sebenarnya tidak dibuat secara ngasal, sekalipun ditujukan untuk kesederhanaan.

Misalnya produsen furniture Jepara yang selalu memikirkan agar tempat tidur yang mereka hasilkan menjadi minimalis tetapi masih mengusung unsur seni khas Indonesia.

Begitupun dengan karya seni yang digantungkan di dinding, maka nantinya akan mengorek psikologi dan mental kita menjadi jauh lebih positif.

7. Tambahkan Tanaman Hijau

Uniknya, tanaman bisa kita aplikasikan untuk set kamar mewah maupun minimalis, karena cenderung menyatu dengan unsur yang ada.

Khusus untuk kamar minimalis, maka akan memberikan sentuhan menyenangkan, sederhana, dan bersahaja.

Tentunya ini menjadi cara yang teramat bagus dan efisien untuk menambahkan semburat warna ke ruangan yang dinetralkan oleh tempat tidur minimalis dan furniture pendukung lainnya.

Untuk tanamannya sendiri, kamu boleh menggunakan jenis modern yang mudah dirawat, sebut saja tanaman karet merah, philodendron, kimunding, kaktus, dan lain sebagainya.

jual tempat tidur minimalis murah

Haruskah Menggunakan Minimalis Sekarang?

Jawabannya tergantung dari selera masing-masing. Jika masih menyukai hal-hal klasik, maka melakukan set kamar mewah pun tak menjadi soal.

Kamar tidur minimalis dibuat untuk kita yang hanya memiliki ruangan kecil tetapi ingin tetap nampak rapi dan nyaman saat ditinggali.

Jadi jangan hanya sekedar ikut-ikutan tren saja, melainkan harus ada alasan yang tepat saat mulai melakukan settingan dan pengaturan ruang pribadi.

Pasalnya, tempat tidur sendiri memiliki banyak jenis dan tipe, termasuk yang mewah dan minimalis yang banyak orang elu-elukan di masa sekarang.

Ingat, tempat tidur mewah dan klasik sekarang sudah tak dibatasi oleh status seseorang. Siapapun kamu, entah tajir gila atau berkecukupan, maka masih bisa memilih jenis yang kamu inginkan, selama nyaman di hati dan di badan.

Selama lokasi dan ukuran ruangannya masih mendukung, serta selera kita terhadap furniture tertentu bisa diseleraskan dengan jenis interior lainnya, maka semuanya oke-oke saja untuk dilakukan.

Khusus untuk kamar dan tempat tidur minimalis, biasanya didefinisikan dengan garis-garis sederhana, bersih, palet yang minimal, serta kesan yang tak berlebihan.

Dengan menghilangkan beberapa ornamen dan aksesoris yang tak diperlukan, maka mata kita akan lebih mudah tertuju pada satu objek tertentu saja, terutama pada kasur yang menjadi furniture utama di sana.

Maka dari itulah, jika ingin membuat ruangan pribadi kamu nampak enak dipandang, pastikan memilih tempat tidur model minimalis berkualitas dan berseni tinggi, seperti yang dibuat oleh para pengrajin furniture Jepara.