Saat kita hendak membeli sofa tamu yang baru, mungkin hal yang pertama kali muncul di benak kita adalah desain yang menarik di mata dan di hati. Tak jarang seseorang akan langsung jatuh hati terhadap sofa tertentu bahkan sebelum mereka mencobanya.

Padahal desain dan tampilannya yang cantik belum tentu cocok dengan kebutuhan kita sehari-hari. Faktanya, ada banyak furniture yang tersedia di luaran sana yang nampak bagus, tetapi ternyata malah melorot hanya dalam beberapa bulan pemakaian.

Banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, terutama terletak pada 5 kunci fitur dasar yang masing-masing kursi miliki.

Misalnya, dari frame sofa tamu tersebut akan cenderung lebih kuat jika terbuat dari kayu jati. Serta pemasangan busanya harus menggunakan tekhnik tertentu agar tidak cepat rusak dan copot dari tulang kursi tersebut.

Salah satu set sofa tamu yang berkualitas baik tentunya bisa kamu temukan di furniture Jepara, yang mana sudah terkenal hingga ke mancanegara.

Tak hanya itu saja, perabotan rumahan langsung dari pengrajin di Jepara cenderung membawa kelima fitur utama yang teramat penting. Jika salah satunya hilang, maka umur sofa, daya pakai, dan kenyamanannya mungkin akan berkurang secara drastis.

Jadi, sebelum kamu membeli sofa tamu, jangan lupa untuk memperhatikan lima fitur yang akan kita bahas secara lengkap di bawah ini.

sofa tamu minimalis

Fitur Kunci Sofa Tamu

Jika kamu memilih sofa tamu yang menyertakan kelima kunci yang menjadi andalannya tersebut, maka sudah pasti bahwa furniture tersebut bisa awet lebih lama daripada sofa-sofa kebanyakan.

5 fitur tersebut meliputi:

  • Rangka kokoh yang kuat, terbuat dari kayu yang berkualitas.
  • Sambungan bingkai yang proses perekatannya menggunakan tekhnik tertentu, serta adanya sudut yang menggunakan sekrup, terutama di area vital.
  • Bantalan busa yang mendukung tingkat kenyamanan saat kita gunakan.
  • Suspensi yang menawarkan tingkat ketahanan untuk kenyamanan yang maksimal.
  • Kain pelapis luar berkualitas tinggi, tahan lama, serta nampak mewah.

Salah satu tempat untuk bisa mendapatkan sofa tamu minimalis dengan kelima fitur tersebut adalah di Furniture Jepara.

Jadi, kota Bumi Pertiwi tersebut berhasil menjadi terkenal bukan karena bualan dan merk semata, akan tetapi memang mengusung kenyamanan sekaligus memberikan tampilan yang sangat bagus. Serta terdapat pelengkap ukiran indah hasil tangan para seniman profesional.

Nah agar tidak salah pilih, mari kita selami ke-5 fitur tersebut lebih jauh lagi!

Bahan Bingkai sofa Tamu

Semua sofa yang berkualitas pastinya membutuhkan bingkai sebagai dudukan dari busa serta mempertahankan bentuknya agar tetap terlihat menawan.

Sederhananya, bingkai ini merupakan kerangka yang menyatukan setiap bagian sofa yang ada, sehingga menjadi salah satu penopang terpenting yang menentukan apakah sofa tamu tersebut mampu bertahan dalam kurun waktu lama atau tidak.

Penggunaannya yang masif haruslah kita desain dengan kekuatan yang maksimal pula tanpa harus mengurangi tingkat kenyamanan pengguna. Furniture Jepara sudah pasti memikirkan bagian ini secara matang, terbukti dengan tingkat kualitas produk yang berhasil mereka ciptakan.

Para pengrajin dan produsen di luaran sana cenderung menggunakan bahan dasar yang berbeda, seperti logam atau kayu biasa untuk bingkai dalam desain kontemporer mereka. Akan tetapi, furniture Jepara yang berbasis seni tradisional ini masih menggunakan kayu jati yang terkenal akan kekuatan dan nilai seninya di mata dunia.

Masing-masing bahan dasar memang membawa kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Misalnya, bingkai logam memang terlihat begitu kokoh, akan tetapi cenderung lebih rentan terkena oksidasi dan membuatnya cepat karatan.

Sementara bingkai komposit kayu memang bisa kita dapatkan dengan harga yang jauh lebih murah, akan tetapi daya tahannya tidak begitu bisa kita andalkan karena mudah patah dan rentan terserang rayap.

Lain lagi jika sofa tamu tersebut berbahan dasar kayu jati. Selain bisa tahan terhadap rayap dan anti air, juga tidak akan mungkin terserang oksidasi yang membuatnya mengalami korosi.

Praktisnya, pastikan kamu memilih sofa yang menggunakan kayu jati pada bagian bingkainya, seperti yang para pengrajin dari Jepara produksi. Terutama Arif Furniture, karena kamilah yang terbaik seantero kota jepara.

Sambungan Bingkai sofa tamu

Karena kayu jati mengandung minyak dan getah, maka akan sangat sulit untuk kita sambungkan dan kita lem antara satu bagian dengan bagian yang lainnya.

Alhasil, selain memikirkan mengenai bahan itu sendiri, juga harus mempertimbangkan para pembuatnya.

Mereka yang terampil sudah pasti tahu tekhnik untuk menyambungkan setiap bingkai dan kerangka dengan baik dan rapi. Semakin bagus sambungan bingkai yang tercipta, maka akan menambah daya tahan sofa tersebut sekalipun kita gunakan dalam kurun waktu lama.

Para pengrajin Bumi Pertiwi sudah sering membuat berbagai macam furniture dengan fungsi dan bentuk yang berbeda, mulai dari lemari, meja, kursi tamu, tempat tidur, hingga sofa.

Mereka yang sudah berpengalaman tidak akan pernah memberikan hasil kerjaan yang asal-asalan.

Proses pembuatan sofa tamu sendiri dilakukan secara manual oleh tangan para ahli hingga sebanyak 80%. Alashil, tanpa harus kita ragukan lagi bahwa sofa hasil produksi dari furniture Jepara cenderung menghasilkan kekuatan dan daya tahan yang lebih bagus. Karena merupakan tekhnik lama yang turun-temurun semenjak zaman kerajaan dahulu.

Selain menggunakan lem kayu khusus yang direkatkan secara rapi dan efisien, ada beberapa area vital yang wajib diberikan sekrup. Para pengrajin yang belum berpengalaman biasanya tak mampu melihat area vital tersebut, sehingga pemasangan sekrup seringkali terlewatkan.

Jika kamu berbelanja di Furniture Jepara, maka kesalahan tersebut sudah pasti tidak akan pernah terjadi.

sofa untuk ruang tamu kecil

Bantalan sofa tamu

Bantalan ini merupakan material utama yang akan menentukan kenyamanan dari sebuah sofa tamu yang kamu beli. Kursi tamu yang empuk dan nyaman saat kita duduki atau kita buat untuk tidur akan membuat siapa saja merasa betah berada di atasnya.

Di saat yang bersamaan pula, nuansa dan tampilan sofa yang kamu inginkan akan menentukan isian bantal yang menjadi bahan bakunya. Jenis yang paling umum kita gunakan adalah busa, bulu, dan serat poliester.

Masing-masing darinya tentu membawa sifat tersendiri, sehingga akan mempengaruhi kualitas dan tingkat kenyamanannya.

Ada pula beberapa produsen yang menggabungkan dua atau ketiganya secara sekaligus demi mencapai hasil yang mereka inginkan.

Misalnya, dari masing-masing bahan tersebut memiliki ciri khas seperti ini:

  • Busa. Keuntungan terbesar dari bahan ini adalah memberikan rasa lembut dengan kelenturan yang melekat pada bingkai sofa, sehingga akan kembali ke bentuk semula setelah kamu beranjak dari tempat duduk. Kualitas dari busa tersebut bisa ditentukan dari tingkat udara yang diberikan. Semakin sedikit udara yang ada dalam busa, maka kerapatannya akan semakin besar, sehingga lebih awet saat kita gunakan.
  • Serat Poliester. Bahan ini juga termasuk nyaman saat kita gunakan. Hanya saja, poliester tidak secara otomatis kembali ke bentuk semula setelah kita duduki. Sehingga perlu kita gembungkan secara berkala agar tetap awet.
  • Bulu. Sama halnya seperti poliester, bahan bulu juga sedikit lebih lembut dan kurang kencang bila kita bandingkan dengan busa. Namun dari segi kenyamanannya, bulu berada di urutan pertama.

Untuk alasan inilah, kebanyakan produsen termasuk Furniture Jepara seringkali menggabungkan antara satu material dengan material lainnya.

Misalnya, kombinasi yang paling banyak orang-orang cari adalah perpaduan antara busa berlapis bulu, yang akan memberikan rasa yang kuat namun masih terasa lembut.

Meskipun harganya cenderung sedikit mahal, akan tetapi kenyamanan dan daya tahan dari bahan tersebut pastinya sepadan. Bahkan keawetannya bisa mencegah kamu membeli furniture secara berulang, yang pada ujungnya malah menghemat banyak uang.

Suspensi sofa tamu

Sofa yang berkualitas baik tergantung dari suspensi yang sofa miliki, karena berkaitan erat dengan kenyamanan dan ketahanan.

Fitur ini akan membentuk bagian dalam area tempat duduk dan berkombinasi dengan isian bantal.

Sistem suspensi ini jugalah yang bertugas dalam menahan tekanan saat kita duduk secara terus-menerus selama masa pakainya tersebut. Sehingga kekokohan dari sofa tamu menjadi faktor yang begitu penting untuk kita pertimbangkan.

Sebelum masa kita temukan busa lateks dan poliuretan, para produsen dan pengrajin sofa tidak memiliki bahan lembut sekaligus tangguh yang sama seperti di masa sekarang.

Untungnya, saat ini kita bisa menikmati kemewahan tersebut berkat adanya pengisi bantal yang tahan terhadap tekanan, serta sistem suspensi yang jauh lebih canggih dan memberikan rasa nyaman yang tak tertandingi.

Semua ilmu dan tekhnik tersebut tentunya sudah ada di pengrajin Furniture Jepara. Mereka senantiasa menggunakan jenis suspensi utama yang mereka gunakan dari waktu ke waktu.

Kain Pelapis sofa tamu

Setelah semua aspek superior dan interior kita pikirkan dan cek sebelum membeli sofa tamu yang berkualitas, maka sentuhan akhirnya adalah berupa bahan pelapis.

Bagian ini juga tak kalah pentingnya karena akan berpengaruh secara langsung pada kenyamanan, rasa, dan tampilan dari sofa itu sendiri.

Selalu berhati-hati terhadap sofa tamu yang cara produksinya secara masal dengan mesin, yang mana biasanya hanya berlapis bahan berkualitas rendah dan mudah aus dengan sangat cepat.

Furniture Jepara seringkali menggunakan 2 jenis pelapis sofa yang bagus dan awet, termasuk kulit dan kain.

Setiap jenis pelapis akan memberikan tampilannya tersendiri, serta kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selalu sesuaikan dengan kebutuhan dan tema dari ruangan yang akan sofa tamu tempati.

sofa ruang tamu minimalis modern

Jenis Sofa Tamu Sesuai Kegunaannya

Setelah kita mengetahui secara terperinci cara menilai suatu sofa tamu dengan 5 fitur yang dimilikinya. Sekarang saatnya kita sesuaikan jenis dan tipe dengan kebutuhan sehari-hari.

Memilih jenis sofa tamu berdasarkan selera pun tak jadi masalah. Selama kamu tahu tujuan dari sofa tersebut dibuat dan bagaimana cara kita menggunakannya.

Adapun jenis-jenis sofa tamu yang lazim para pengerajin produksi adalah sebagai berikut:

Sofa Tamu 2 Seater

Sesuai namanya, 2 seater berarti sofa yang bisa digunakan hanya untuk dua orang saja. Sofa ini terbilang cukup kecil dan cocok untuk menerima tamu yang bukan rombongan.

Dikarenakan ukurannya yang mungil, maka sofa tamu ini akan terlihat ciamik jika disimpan di rumah-rumah yang memiliki gaya minimalis dan modern.

Kita juga sering melihatnya di apartemen bertipe studio sebagai penghias sekaligus memiliki nilai guna yang begitu fleksibel. Dari segi harganya terbilang paling murah dengan tipe-tipe sofa tamu yang lainnya.

Sofa tamu 4 Seater

Jika misalnya tamu yang datang lebih dari 2 orang, maka bisa mempersilahkan mereka duduk di sofa bertipe 4 seater, yang mana bisa 4 orang duduk secara sekaligus.

Jenis sofa tamu ini memiliki ukuran 2 kali lipatnya dari 2 seater, sehingga kamu pun bisa berbaring dengan santai setelah bekerja seharian.

Jenis 4 seater ini akan sangat cocok kita gunakan di rumah atau apartemen yang memiliki ukuran agak lebih besar, serta dengan penghuni berjumlah 3 sampai 4 orang.

Dari panjangnya, biasanya sofa 4 seater memiliki ukuran hingga 2 meteran atau bahkan lebih. Jadi sebelum kamu memilih jenis sofa tamu yang satu ini, pastikan dulu ruangan yang akan menjadi rumahnya kursi tersebut.

Sofa tamu Sudut

Sofa sudut, atau kita kenal pula dengan sebutan corner sofa dan sofa L ini memiliki karakteristik yang paling unik. Karena membentuk sudut siku-siku saat disatukan antara satu sama lainnya.

Model Sofa tamu jenis ini akan sangat cocok menempati ruang terbuka yang besar> Dimana skalanya dapat digunakan untuk memisahkan antara satu area dengan area yang lainnya.

Tapi dari segi kegunaannya, sofa sudut ini merupakan jenis yang paling cocok untuk menerima tamu, karena kita bisa berhadapan secara face to face saat mengobrol tanpa harus terpisahkan oleh objek yang lain.

Sofa Beds

Pernah mendengar istilah 2-in-1? Mungkin istilah ini cocok buat sofa yang berjenis sofa beds. Bisa kita artikan sebagai “sofa tidur”. Jenis tempat duduk ini memiliki ruang untuk menyelipkan tempat tidur lipat tepat di bawah bantal kursinya, tanpa harus susah-susah melakukan banyak gerakan.

Sofa beds ini akan dengan mudah dan cepat beralih fungsi dari tempat duduk menjadi tempat tidur bahkan dalam satu gerakan saja.

Jadi tak hanya sebagai alat untuk penerima tamu saja di siang hari, bahkan kamu pun bisa tidur di sofa tersebut di malam harinya setelah menjalani obrolan yang panjang dan melelahkan. Bisa dibilang sofa ini merupakan jenis yang paling mengerti keinginan para penggunanya.

Sofa Modular

Sofa modular ini mungkin jenis yang paling cocok buat kamu yang sering berpindah dari satu rumah ke rumah lainnya.

Hadir dalam beberapa bagian, sofa ini bisa kita satukan dengan berbagai macam bentuk tertentu berkat bingkainya yang fleksibel, sehingga mengikuti bentuk ruangan yang kamu tempati saat ini.

Tak peduli besar atau kecilnya suatu ruangan, selama masih muat untuk menampungtampung. Sofa tamu berjenis modular akan terus kita sesuaikan dengan sudut-sudut ruangan tertentu.

Sederhananya, sofa ini bisa kita pecah menjadi potongan-potongan seukuran kursi biasa. Atau dapat kita atur menjadi bentuk U atau L. Jika mau, kamu bahkan bisa membawanya satu bagian untuk di tempatkan di kamar atau ruangan pribadi kamu.

Loveseat Sofa

Jenis ini yang sering kita lihat di perkantoran berkat bentuknya yang unik dan lucu. Loveseat sendiri bisa berguna untuk 2 orang untuk saling berdekatan antara satu sama lain.

Pertama kali ditemukan pada abad ke-17. Kursi yang hanya memuat 2 orang ini sebenarnya model desainnya untuk wanita yang mengenakan gaun besar agar mereka dapat duduk dengan nyaman.

Namun di zaman sekarang, sofa loveseat cenderung beralih fungsi sebagai penghias ruangan yang nampak cantik. Tapi perlu menjadi catatan bahwa sofa berjenis loveseat ini memiliki beragam jenis. Ada yang desainnya untuk 2 orang duduk, dan ada pula yang desainnya haya untuk penggunaan satu orang.

Jadi, harap teliti saat membelinya ya!