Meja Belajar Untuk Anak Perempuan Dan Laki-Laki. Belajar tak hanya menjadi tugas para siswa sekolah saja, orang dewasa pun sebenarnya harus tetap melakukan aktivitas positif yang satu ini. Bisa dibilang belajar merupakan proses seumur hidup tanpa mengenal usia.

Jadi furniture meja tulis sebenarnya harus tersemat di setiap rumah dan ruangan pribadi, gunanya adalah agar mampu mendorong kita untuk tetap melakukan aktivitas mencari ilmu tersebut.

Untuk meja belajar sendiri, sekarang ada 2 macam yang biasa kita temukan, yaitu meja klasik dan meja komputer, atau gabungan dari keduanya.

Dikarenakan kemajuan zaman, kita pun bisa melakukan proses belajar mengajar melalui internet. Bahkan bisa dibilang belajar melalui komputer jauh lebih efektif karena gampang mencari informasi berkat tersedianya berbagai macam media.

Akan tetapi buat kamu yang ingin menggunakan buku karena bisa dibawa ke luar ruangan dan ringan saat dipegang, maka meja belajar klasik pun masih sering digunakan. Kita bisa mencatat berbagai macam ilmu dan informasi yang dibutuhkan.

Asyiknya lagi, cara tradisional ini lebih memungkinkan kita untuk menghemat listrik dan tak harus mengeluarkan modal lagi demi melakukan printing.

Tapi apapun proses dan cara belajar yang dilakukan, pemilihan meja belajar akan menjadi topik utama kita kali ini.

Kita akan berbicara mengenai furniture pintar yang satu ini, sekaligus cara menciptakan ruangan yang optimal agar kepala tetap fokus terhadap ilmu yang ingin kita dapatkan.

harga meja belajar minimalis modern

Cari Meja Belajar yang Nyaman

Semakin berkembangnya zaman dan ilmu pengetahuan, maka kebutuhan kita akan belajar pastinya meningkat. Tanpa menyertakan sifat manusia yang kita kenal dengan sebutan rajin dan malas, belajar masih harus tetap dilakukan oleh semua tipe individu– terlepas dari apapun ilmu tersebut.

Kebutuhan akan belajar tentunya harus difasilitasi oleh area khusus agar lebih fokus dan nyaman saat prosesnya berlangsung. Di saat yang bersamaan pula, kebutuhan akan meja belajar menjadi kian bertambah.

Tak hanya membantu siswa sekolah, juga meningkatkan keefektifan dari para profesional dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Memang sebutannya adalah “meja belajar”, akan tetapi secara prakteknya bisa digunakan untuk berbagai macam hal, salah satunya adalah bekerja.

Dengan begitu, mari kita lihat cara mencari meja belajar dan meja kerja yang cocok untuk kebutuhan kita sehari-hari!

Ukuran Menjadi yang Terpenting

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa proses belajar dewasa ini menggunakan 2 cara yang berbeda, yaitu secara klasik dan melalui digital.

Tentunya desain dan ukuran meja belajar untuk menulis akan berbeda dengan tipe dan bentuk untuk mengetik. Belum lagi harus disesuaikan dengan ukuran dari ruangan pribadi kita.

Maka dari itulah, dianjurkan bagi kita untuk memiliki perkiraan ukuran sebelum memutuskan membelinya di toko mebel terdekat. Kriteria yang harus dicocokan diantaranya tinggi, lebar, panjang, dan tujuan.

Apalagi jika meja belajar tersebut ingin digunakan untuk dua tujuan berbeda (menulis dan mengetik), maka sudah dipastikan bahwa ukurannya pasti lebih besar dari meja standar.

model meja belajar anak burdi

Selalu Ingat Dekorasi Kamar Kita

Jadi tidak serta merta membeli ini dan itu, tetapi kita harus tetap ingat mengenai barang-barang yang sudah ada di kamar kita. Tak hanya ukuran ruangan saja, tetapi dekorasi interior haruslah tetap disesuaikan dengan tema yang sudah ada.

Untungnya, meja belajar modern saat ini memang sudah dirancang agar sesuai dengan dekoras interior minimalis perkotaan masa kini. Ada pula mebel yang berasal dari furniture Jepara yang juga bisa diaplikasikan ke berbagai macam tema yang kamu miliki.

Dengan memiliki meja belajar yang memiliki desain atau pola yang sama dengan desain interior, maka akan menciptakan suasana betah dan nyaman, serta merangsang psikologi kita untuk dapat berimajinasi dan berkreasi dengan kerjaan yang kita lakukan.

Salah satu yang menjadi kuncinya adala perpaduan warna. Namun jika dinding kamar kamu berwarna putih, maka bisa diaplikasikan ke berbagai macam warna.

Kamu juga bisa menambah aksen penarik hati lainnya dengan menggunakan wallpaper dinding dengan desain yang unik dan menggugah mata.

Yang terpenting adalah bisa tidaknya kamu nyaman berdiam diri dalam waktu yang lama untuk belajar dan bekerja di depan meja belajar baru kamu tersebut.

Periksa Laci atau Lemari Penyimpanan meja belajar

Meja belajar juga harus menyertakan opsi pendukung yang satu ini. Tanpanya, kita akan kesulitan untuk menentukan tempat penyimpanan barang-barang penting.

Ruang penyimpanan tersebut biasanya berupa laci atau lemari, yang bisa kita gunakan untuk menyimpan buku, flashdisk, alat tulis, dan lain sebagainya.

Alhasil, meja belajar yang memiliki fasilitas penyimpanan akan memastikan kita untuk dengan mudah mengambil barang-barang penting sehari-hari yang selalu dipakai pada saat proses belajar atau bekerja berlangsung.

Bahkan meja belajar untuk PC akan menyertakan dudukan monitor agar kita tidak terlalu menunduk saat belajar, sekaligus dengan dudukan keyboard yang bisa digeser-geser agar lebih menghemat ruang penyimpanan.

Sebagian besar meja belajar memang menyertakan laci dan lemari. Tapi ada juga yang tidak loh! Jadi harap berhati-hati ya!

Periksa Ulang Ergonominya meja belajar

Sekali lagi, pastikan bahwa meja belajar yang ingin kamu beli memang telah didesain agar kamu mudah menggunakannya untuk tujuan tertentu.

Meja multifungsi yang mencakup meja tulis dan komputer memang lebih efisien, hanya saja akan memakan banyak space di ruangan pribadi kamu. Apalagi jika tipe rumah yang bergaya minimalis, maka akan menjadi kerugian terbesar.

Ergonomi juga erat kaitannya dengan ketinggian dari suatu meja, yang mana idealnya adalah antara 66 hingga 76 cm agar postur tempat duduk yang nyaman bisa kita capai secara alami.

Alhasil, akan sangat sulit untuk menentukan kualitas dan ergonomi sebuah meja jika tak kamu coba terlebih dahulu di toko mebel terdekat.

Namun jika situasinya tak memungkinkan, mungkin kamu bisa mencocokkannya terlebih dahulu dengan contoh meja belajar yang sudah ada.

Contohnya tersebut bisa diambil dari sekolahan, perpustakaan, atau bahkan tempat kerja kamu sehari-hari.meja belajar, meja belajar minimalis, harga meja belajar, meja belajar anak, meja belajar aesthetic, meja belajar ikea, model meja belajar, meja belajar remaja, model meja belajar terbaru

Sisi ergonomi sangatlah berbanding lurus dengan kenyamanan dan keefisienan saat kita menggunakannya, sehingga hasil belajar yang didapat akan menjadi maksimal.

Sebuah penelitian juga menyebutkan bahwa kepintaran dan kebodohan ternyata bisa diturunkan, karena erat kaitannya dengan faktor lingkungan.

Jika misalnya selama ini kamu kesulitan belajar, mungkin salah satu faktornya adalah lingkungan yang tidak layak dan nyaman untuk bisa mencapai titik konsentrasi dan menyerap pelajaran yang tengah coba untuk dikuasai.

meja belajar kayu minimalis terbaru

Pilih Bahan Berkualitas Tinggi untuk meja belajar

Bahan dasar dari suatu furniture akan mempengaruhi umur panjang dari meja belajar kamu tersebut. Untuk alasan ini pulalah, bahan dari meja belajar harus memiliki kualitas premium demi memastikan penggunaan dalam jangka panjang.

Disarankan untuk memilih meja dengan harga yang sedikit mahal, sebagai bagian dari investasi yang bisa digunakan selama berpuluh-puluh tahun.

Jika sulit untuk mencari dan memastikannya, maka kamu bisa mencoba datang ke toko furniture Jepara.

Seperti yang sudah kita tahu bahwa furniture yang berasal dari kota Bumi Pertiwi ini sudah tembus hingga pasaran mancanegara, berkat kekuatan dan nilai seninya yang begitu tinggi.

Kayu yang digunakan adalah jati. Selain memiliki kekuatan yang mumpuni, pohon jati juga bebas dari serangan rayap serta ringan saat dipindahkan.

Menggunakan meja kerja berbahan logam dan besi juga bisa menjadi pilihan alternatif, hanya saja harus berhati-hati saat merawatnya. Pemeliharaan yang tak layak bisa menciptakan oksidasi sehingga memicu korosi atau karatan pada meja kamu tersebut.

Jadi amannya, lebih direkomendasikan untuk menggunakan kayu jati saja sebagai bagian dari bahan dasar furniture di rumah kamu.

Atur Meja Belajar Agar Nyaman

Mengatur meja belajar mungkin bisa menjadi PR yang menantang bagi sebaigan besar orang, karena memikirkan pekerjaan atau pelajaran saja sudah bikin kita malas dan pusing – apalagi harus menata ulang tempat aktivitas berilmu tersebut.

Tetapi jika sudah terbiasa dengan desain dan tata letak yang ada, maka manfaatnya bisa berkebalikan dengan bayangan kamu sebelumnya.

Tak jarang orang akan banyak menghabiskan waktunya untuk belajar dan bekerja di depan meja kerja atau meja belajar mereka.

Semakin cepat kamu menata ulang, maka akan semakin cepat pula kamu merasa nyaman. Di saat yang bersamaan, maka akan semakin cepat pula pekerjaan selesai atau mendapatkan ilmu serta keahlian baru yang tengah kamu selami.

meja belajar besi minimalis terbaru

Jauhkan Barang yang tak Diperlukan dari meja belajar

Satu-satunya jenis barang yang paling membuat kita kehilangan fokus adalah handphone. Jika bisa, letakkan agak berjauhan dengan meja belajar, tapi tetap nyalakan notifikasi agar jika ada pesan penting masih bisa kita baca.

Dengan meletakkan handphone dengan jarak yang agak jauh, maka tubuh kamu harus beranjak dari tempat duduk, sehingga nantinya kamu enggan untuk membalas notifikasi yang tak begitu penting.

Itu pun berlaku pada laptop, jauhkanlah saat kamu hanya belajar lewat buku. Sebaliknya, dekatkan buku saat menggunakan laptop, karena normalnya buku tak akan membuat kita kehilangan fokus saat bekerja melalui PC. Malah terkadang  bisa membantu kita mencatat ide dan hal-hal penting.

Biarkan Barang Terpenting Berada di Atas Meja Belajar

Sebut saja pulpen, penghapus, pensil, dan memo kecil. Pastikan juga kamu meletakkannya di area yang mudah dijangkau.

Apapun aktivitas kamu di atas meja belajar, jangan jauhkan barang-barang penting tersebut. Jika misalnya ruang meja terlalu sempit, mungkin kamu bisa menggunakan laci portabel yang bisa disematkan di dinding dekat meja kerja kamu tersebut.

Selain bisa memudahkan saat ingin mengambilnya, juga memberikan desain yang unik, rapi, dan minimalis.

Kelompokkan Barang Sejenis di Meja belajar

Sesuatu yang acak-acakan akan membuat kamu kehilangan fokus dan tenaga mental. Pernah ga mencari penghapus yang entah dimana kamu menyimpannya? Padahal sedang butuh-butuhnya untuk digunakan!

Kejadian tersebut tentunya bisa kamu cegah jika mengorganisir dan mengelompokkan barang-barang sesuai dengan jenisnya.

Terutama buku-buku tertentu yang harus kamu susun secara rapi agar mudah dicari dan diambil.

Gunakan laci untuk benda-benda kecil yang sulit untuk dicari. Jangan sampai hilang karena terselip di sudut-sudut meja dan termakan usia.

Kebiasaan ini nantinya akan berdampak pada kehidupan kita sehari-hari. Ini sama seperti latihan me-manage berbagai macam aspek di kehidupan kita, termasuk waktu, pekerjaan, hingga bisnis.

meja belajar stainless minimalis modern

Ciptakan Suasana Belajar yang Asyik 

Duduk fokus di depan meja belajar saja tidak cukup, kamu pun harus menciptakan suasana yang cocok saat belajar.

Seperti yang sudah disebutkan di atas bahwa faktor lingkungan pun sangatlah mendukung terhadap keefektifan kita belajar atau bekerja di rumah.

Sekalipun kamu memiliki meja belajar yang super keren, kuat, dan mahal, namun percuma juga jika cara penggunaannya tidak maksimal.

Jika berkaca ke negara-negara maju sana, kebanyakan siswanya akan lebih nyaman untuk belajar di café atau di perpustakaan, daripada di rumah.

Ternyata, suasana yang diciptakan cenderung lebih mendukung kondisi menuntut ilmu tersebut. Tapi bukan berarti kita tak bisa melakukannya di rumah. Ada beberapa caranya loh!

Pilih Sudut yang Jauh Dari Keramaian

Suara di luar itu bermacam-macam, dimulai dari deruan motor, jeritan anak-anak, hingga kokok ayam, semuanya akan menyatu dan terdengar lebih jelas saat kita tengah belajar.

Untuk mengakalinya, tempatkan meja belajar di sudut yang paling kecil menerima frekuensi suara dan kebisingan seperti itu. Jauhkan pula dari jendela terbuka karena berpotensi mendapatkan gangguan secara audio dan visual.

Ciptakan Kembali Lingkungan yang Baru

Faktanya, ada suasana dan pemandangan tertentu yang akan membuat kita lebih mampu mengingat pelajaran. Jika bisa, ciptakan kembali lingkungan tersebut di  kamar kamu.

Coba ingat-ingat kembali saat waktu-waktu dimana kamu merasa lebih fokus belajar, merasa lebih pintar dari sebelumnya, atau lebih gampang mengingat kosakata bahasa Inggris dengan lebih cepat.

Jika sudah ketemu, segera ubah ruang kamar kamu mirip dengan situasi atau pemandangan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengatur suhu dan aroma di kamar kamu ya!

meja belajar stainless minimalis mewah

Buat Senyaman Mungkin

Tapi jangan terlalu nyaman, karena akan memberikan efek kebalikan – malas dan mengantuk. Pakaian yang kita kenakan pun sangat mempengaruhi mood kita saat bekerja.

Gantilah baju kamu dengan kemeja dan jelana jeans saat hendak bekerja di depan meja belajar rumah. Cara ini akan membuat kamu berada di mode kerja atau mode belajar secara maksimal.

Pernah mendengar istilah “segala sesuatu dimulai dari niat”? Padahal sebuah niat tidak hanya keluar dari mulut saja, akan tetapi harus dibarengi dengan tindakan.

Dengan mengenakan pakaian yang formal, maka bisa membuat kamu nyaman tetapi tak berlebihan.

Jika tidak percaya silahkan buktikan sendiri. Ada perbedaan yang besar ketika belajar mengenakan kaus formal dan piyama untuk tidur.

Beri Penerangan Secukupnya

Manusia secara alami lebih menyukai cahaya terang daripada unsur kegelapan. Makanya tak heran jika sesuatu yang gelap pasti disandingkan dengan hal jahat atau negatif.

Khusus untuk belajar, kamu waijb menggunakan lampu duduk untuk penggunaan di malam hari. Jika misalnya lingkungan tetangga kamu cenderung tidak berisik (seperti yang sudah disebutkan di atas), maka baru bisa menempatkan meja belajar di dekat jendela.

Namun jika tidak memungkinkan, gunakan tips di atas ya! Jauhkan meja dari jendela agar tidak membebani telinga dan fokus kita.

Hindari pula melihat sumber cahaya secara langsung, sekalipun itu lampu ber-watt rendah.

Tambah Suara Bervolume Rendah

Intinya jangan terlalu bising. Ini juga alasan kenapa orang-orang akan lebih mudah belajar dan berkonsentrasi di café dan perpustakaan.

Sebagian besar café selalu memutar musik santai dengan volume se’ala kadarnya. Sementara di perpustakaan menciptakan lingkungan yang begitu mendukung karena semua orang melakukan aktivitas sama, yaitu membaca dan belajar.

Belajar dan bekerja di lingkungan yang terlalu sepi akan membuat suara sekecil apapun lebih terdengar jelas. Suara cecak di dinding, tikus yang berlarian, dan suara-suara misterius lainnya yang membuat kita merasa tak nyaman.

Jadi saat di rumah, mainkan lagu easy listening dengan nada-nada santai. Akan lebih bagus lagi jika musik tersebut berupa instrumennya saja, agar kamu betah berlama-lama duduk di depan meja belajar untuk menuntut ilmu.